Wisata Kuliner di Jogja
Home » 10 Wisata Kuliner di Jogja, Surga bagi Pecinta Makanan

10 Wisata Kuliner di Jogja, Surga bagi Pecinta Makanan

Your Name

saatliburan.com – Wisata Kuliner di Jogja – Yogyakarta, atau lebih akrab disebut Jogja, bukan hanya terkenal dengan kekayaan budaya dan keindahan alamnya, tetapi juga sebagai surga bagi para pecinta kuliner.

 Kota ini menawarkan berbagai macam makanan khas yang lezat dan unik, mulai dari makanan tradisional hingga makanan modern yang inovatif.

Wisata kuliner di Jogja adalah pengalaman yang tak boleh dilewatkan oleh siapa pun yang berkunjung ke kota ini. Berikut adalah beberapa destinasi wisata kuliner di Jogja yang wajib Anda coba.

Rekomendasi Wisata Kuliner di Jogja

Wisata Kuliner di Jogja

1. Gudeg Jogja

Tak lengkap rasanya berbicara tentang kuliner Jogja tanpa menyebut gudeg. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan hingga berwarna cokelat. Makanan ini memiliki rasa manis yang khas dan biasanya disajikan dengan nasi, ayam kampung, telur, dan sambal krecek (kulit sapi).

Rekomendasi Tempat:

  • Gudeg Yu Djum: Terletak di Jalan Wijilan, tempat ini adalah salah satu yang paling legendaris. Gudeg Yu Djum dikenal dengan rasa autentiknya yang kaya dan lezat.
  • Gudeg Pawon: Uniknya, gudeg ini dijual langsung dari dapur (pawon). Tempat ini hanya buka malam hari dan selalu ramai pengunjung.

2. Sate Klathak

Sate klathak adalah sate kambing yang dibakar dengan menggunakan tusuk sate dari jeruji besi. Proses ini memberikan panas yang lebih merata sehingga daging lebih empuk dan matang sempurna. Sate ini disajikan dengan bumbu minimalis berupa garam, merica, dan sedikit kuah gulai yang gurih.

Rekomendasi Tempat:

  • Sate Klathak Pak Pong: Terletak di Jalan Imogiri Timur, sate klathak Pak Pong adalah salah satu yang paling terkenal. Banyak pengunjung rela antre untuk menikmati kelezatan sate di sini.
  • Sate Klathak Pak Bari: Terletak di pasar Jejeran, sate ini menjadi terkenal setelah muncul dalam film “Ada Apa dengan Cinta? 2”. Rasanya yang khas membuat banyak orang penasaran untuk mencobanya.
Baca Juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata Di Puncak Bogor

3. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah hidangan mie khas Jogja yang dimasak dengan cara tradisional menggunakan anglo (kompor arang). Ada dua jenis bakmi Jawa yang populer: bakmi godhog (rebus) dan bakmi goreng. Bakmi ini biasanya disajikan dengan suwiran ayam kampung, telur bebek, dan sayuran.

Rekomendasi Tempat:

  • Bakmi Kadin: Berlokasi di Jalan Bintaran Kulon, Bakmi Kadin adalah salah satu yang legendaris di Jogja. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1947 dan tetap mempertahankan rasa tradisionalnya.
  • Bakmi Pak Pele: Terletak di alun-alun utara, bakmi ini terkenal dengan rasanya yang gurih dan porsi yang besar.

4. Angkringan

Angkringan adalah warung makan kaki lima yang sangat populer di Jogja. Menyajikan berbagai macam makanan ringan dan minuman dengan harga yang sangat terjangkau, angkringan menjadi tempat favorit bagi banyak orang untuk nongkrong dan menikmati suasana malam Jogja.

Menu yang biasa dijual antara lain nasi kucing, sate usus, sate telur puyuh, gorengan, dan wedang jahe.

Rekomendasi Tempat:

  • Angkringan Lik Man: Terletak di kawasan Stasiun Tugu, Angkringan Lik Man terkenal dengan kopi joss-nya, yaitu kopi yang dicampur dengan arang panas. Tempat ini selalu ramai pengunjung, baik dari kalangan lokal maupun wisatawan.
  • Angkringan KR: Terletak di depan kantor surat kabar Kedaulatan Rakyat, angkringan ini juga cukup populer dengan berbagai macam pilihan makanan dan minuman yang lezat.

5. Oseng-Oseng Mercon

Oseng-oseng mercon adalah hidangan pedas yang terbuat dari daging sapi dan tetelan yang dimasak dengan banyak cabai rawit. Rasanya yang sangat pedas membuatnya dinamakan mercon, yang berarti petasan. Meskipun sangat pedas, oseng-oseng mercon memiliki rasa yang lezat dan menjadi favorit bagi pecinta makanan pedas.

Rekomendasi Tempat:

  • Oseng-Oseng Mercon Bu Narti: Terletak di Jalan KH. Ahmad Dahlan, tempat ini adalah pelopor oseng-oseng mercon di Jogja. Rasanya yang pedas dan nikmat membuat banyak orang ketagihan.
  • Oseng-Oseng Mercon Pak No: Terletak di Jalan Magelang, oseng-oseng mercon ini juga terkenal dengan kelezatannya yang pedas membakar.
Baca Juga:  Tips Liburan Saat Cuaca Panas: Tetap Nyaman Di Musim Terik

6. Sego Pecel

Sego pecel adalah nasi yang disajikan dengan sayuran rebus dan disiram dengan sambal kacang. Makanan ini biasanya ditambah dengan berbagai lauk seperti tempe goreng, tahu, telur, dan kerupuk. Sego pecel adalah makanan yang sehat dan lezat, cocok untuk sarapan atau makan siang.

Rekomendasi Tempat:

  • Pecel Bu Ramelan: Terletak di pasar Beringharjo, tempat ini menawarkan sego pecel dengan bumbu kacang yang khas dan lauk pauk yang beragam.
  • Pecel Pak Tarto: Terletak di Jalan Malioboro, tempat ini menjadi favorit karena rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau.

7. Rujak Es Krim

Rujak es krim adalah makanan yang unik di Jogja. Rujak yang terdiri dari berbagai buah segar disiram dengan bumbu rujak yang pedas-manis, kemudian ditambah dengan es krim yang lembut. Kombinasi rasa pedas, manis, dan dingin menciptakan sensasi yang menyegarkan.

Rekomendasi Tempat:

  • Rujak Es Krim Pak Nardi: Terletak di alun-alun selatan, tempat ini terkenal dengan rujak es krimnya yang segar dan lezat. Banyak pengunjung datang untuk menikmati rujak es krim sambil bersantai di area alun-alun.
  • Rujak Es Krim Bu Ning: Terletak di Jalan Kranggan, rujak es krim di sini juga sangat populer karena rasanya yang khas dan porsinya yang cukup besar.

8. Jadah Tempe

Jadah tempe adalah makanan khas dari daerah Kaliurang, Jogja. Jadah adalah kue yang terbuat dari ketan yang dikukus dan ditekan hingga padat, sedangkan tempe yang disajikan biasanya tempe bacem yang manis. Kombinasi antara jadah yang gurih dan tempe yang manis menciptakan cita rasa yang unik dan lezat.

Rekomendasi Tempat:

  • Jadah Tempe Mbah Carik: Terletak di Kaliurang, tempat ini adalah salah satu yang paling terkenal dengan jadah tempenya yang autentik dan lezat.
  • Jadah Tempe Bu Atmo: Juga terletak di Kaliurang, tempat ini menawarkan jadah tempe dengan rasa yang tak kalah enak dan harga yang terjangkau.
Baca Juga:  15 Tempat Wisata Di batam Yang Paling Populer

9. Nasi Goreng Beringharjo

Nasi goreng Beringharjo adalah nasi goreng legendaris yang terletak di pasar Beringharjo. Nasi goreng ini dikenal dengan rasa yang khas dan bumbu yang kuat, serta tambahan berbagai lauk seperti ayam, udang, dan bakso. Nasi goreng Beringharjo selalu ramai pengunjung karena rasanya yang lezat dan porsinya yang besar.

Rekomendasi Tempat:

  • Nasi Goreng Beringharjo Asli: Terletak di pasar Beringharjo, tempat ini sudah beroperasi sejak puluhan tahun dan tetap mempertahankan kualitas dan rasa yang khas.
  • Nasi Goreng Bu Tri: Juga terletak di sekitar pasar Beringharjo, tempat ini menawarkan nasi goreng dengan cita rasa yang lezat dan harga yang terjangkau.

10. Wedang Ronde

Wedang ronde adalah minuman hangat yang terbuat dari bola-bola ketan berisi kacang, disajikan dengan kuah jahe yang manis dan hangat. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat malam hari atau saat cuaca dingin.

Rekomendasi Tempat:

  • Wedang Ronde Mbah Payem: Terletak di kawasan Malioboro, tempat ini sangat populer dengan wedang ronde yang hangat dan lezat.
  • Wedang Ronde Lek Dhie: Terletak di Jalan Magelang, wedang ronde di sini juga sangat terkenal dengan kuah jahenya yang hangat dan bola-bola ketan yang kenyal.

Kesimpulan

Wisata kuliner di Jogja menawarkan pengalaman yang kaya akan rasa dan budaya. Mulai dari gudeg yang manis, sate klathak yang gurih, hingga wedang ronde yang hangat, setiap hidangan memiliki cerita dan keunikan tersendiri.

Menjelajahi kuliner Jogja bukan hanya memanjakan lidah, tetapi juga mengenal lebih dekat budaya dan tradisi kota yang penuh pesona ini.

Dengan berbagai pilihan kuliner yang tersedia, Jogja memang layak disebut sebagai surga bagi pecinta makanan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner Jogja saat Anda berkunjung ke kota ini. Selamat menikmati wisata kuliner di Jogja!

Your Name

Seorang penulis dan editor

Tags

Related Post