Tempat Wisata Di Turki
Home » 15 Rekomendasi Tempat Wisata Di Turki

15 Rekomendasi Tempat Wisata Di Turki

Your Name

saatliburan.com – Tempat Wisata Di Turki, Belakangan ini, drama Turki semakin marak disaksikan oleh netizen tanah air. Hal ini secara tidak langsung membuat banyak warga yang tidak lagi menghayal berlibur ke Korea Selatan.

Sebaliknya, banyak tujuan liburan kini berganti ke Turki. Yuk, simak ulasan menarik mengenai 20 rekomendasi tempat wisata di Turki yang wajib banget untuk kamu kunjungi.

Selain itu, karena masa pandemi juga sudah mau berlalu. Banyak sekali promosi yang ditawarkan untuk tiket berpergian dan menginap di Turki. Kalian bisa mendapatkan tiket liburan ke Turki hanya dengan Rp 3,000,000 hingga Rp 5,000,000 saja pulang pergi.


Dan lebih asiknya lagi, selama masa pandemi ini kalian tidak perlu melakukan karantina di hotel di negara Turki. Kalian tetap bisa berpergian keluar selama masih dalam masa karantina. Jadi waktu kalian tidak akan terbuang sia-sia hanya stay di hotel saja.

Tips Liburan ke Turki

Tempat Wisata Di Turki

Persiapan untuk berangkat liburan, terlebih ke luar negeri, memang memakan waktu. Selain itu, pasti juga merepotkan karena butuh banyak berkas.

Salah-salah dokumen tidak ada yang terbawa, pasti tidak akan diizinkan untuk masuk ke negara tujuan. Maka dari itu, kamu yang hendak liburan ada baiknya menyiapkan dari jauh hari agar tidak ada yang ketinggalan.

Berbicara mengenai hal itu, kira-kira apa saja sih berkas yang perlu dipersiapkan? Daripada penasaran, yuk simak ulasannya di bawah ini sebelum kita membahas mengenai apa saja rekomendasi tempat wisata di Turki hanya untuk kamu.

Paspor dan Visa

Pertama dan yang paling utama, kamu wajib banget untuk persiapkan paspor dan visa. Dua hal ini rasanya tidak bisa dipisah. Paspor dan visa berguna untuk dokumenmu masuk ke negara orang, bahkan jika itu untuk liburan.

Tidak tahu apa itu paspor atau visa?

Singkat kata, paspor adalah dokumen resmi yang menunjukkan identitas internasionalmu. Jadi ketika kamu berkunjung ke negara lain, paspor adalah sesuatu yang menjamin kelegalitasanmu datang ke negara tersebut.
Sementara visa menunjukkan urusan yang kamu lakukan disana. Misalnya, untuk kerja, untuk sekolah, atau untuk sekedar wisata.

Karena pentingnya dua hal ini, kamu wajib punya saat akan hendak pesan tiket pesawat dan hotel ke negara tujuan lho. Karena begitu penting, ada baiknya kamu menyimpan benda ini dengan hati-hati. Jika perlu, buatlah dokumen salinnya agar kita tidak kehilangan atau dicuri. Lalu, apa persiapan selanjutnya?

Pesan Akomodasi

Setelah ada paspor dan visa, kamu wajib banget sudah memesan akomodasi. Hal ini penting ketika kamu sudah sampai negara tujuan.
Pasalnya, kamu tentu tidak mau disana seperti orang hilang. Tidak tahu arah, tidak ada tujuan.

Tidak perlu susah, sekarang ini ada banyak aplikasi online yang bisa kamu pakai untuk pesan ini. Bahkan, tak jarang mereka juga menyediakan paket bundling berupa hotel dan pesawat.

Tentunya, harga yang didapat lebih murah. Selain itu, kamu juga biasanya bisa dapat diskon atau voucher menarik lainnya.

Kelebihan memesan akomodasi via online adalah kamu juga bisa mendapat perbandingan kualitas. Hal ini bisa dilihat dari deskripsi dan juga review pengguna sebelumnya.

Pastinya dengan fitur ini, kamu dapat liburan lebih nyaman dan aman. Jangan sampai, liburan kita terasa gagal karena kita salah memesan hotel ya.

Kenali Wisata Negara Tujuan

Berikutnya, kamu wajib banget untuk mengenali negara tujuan yang akan kamu datangi. Hal ini dilakukan agar kamu memang siap dan paham negara seperti apa sih yang akan kamu tuju.

Selain untuk menghemat waktu, hal ini dilakukan agar kamu bisa berwisata dengan efisien. Jangan sampai begitu datang, kamu baru tahu kalau itu adalah negara konflik yang mana membahayakan diri.

Mencari informasinya sangat mudah lho.
Kamu hanya perlu membuka internet di zaman yang serba canggih ini. Silahkan ketikkan nama negara yang akan kamu datangi. Sebut saja, Turki. Disana, kamu akan mendapati banyak berita menarik terkait dari negara ini.

Selain untuk menghindari konflik, hal ini juga berguna untuk mengetahui kebiasaan, adat istiadat, hingga hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan turis.

Tentunya karena kita datang ke negara orang, kita wajib banget taat terhadap aturan dan kebiasaan yang ada di negara tersebut. Misalnya saja, kamu tidak boleh mengenakan celana pendek di muka umum. Ada lho negara yang melarang hal ini ke turis.

Rencanakan Tempat Wisata

Terakhir, kamu wajib banget merencanakan akan kemana sih setelah tiba di negara tersebut. Jangan sampai ditinggalkan ya list satu ini. Pasalnya jika tidak ada, pasti disana kamu akan kebingungan. Tentunya, liburan tanpa jadwal yang jelas akan terasa kacau dan membosankan.

Nah, agar liburanmu menyenangkan, ada baiknya buat tempat list wisata mana saja yang wajib kamu datangi. Manfaatkan internet sebaik mungkin untuk melihat informasi tentang ini.
Misalnya, rekomendasi tempat wisata di Turki. Dengan internet, kamu jadi bisa tahu mana saja tempat di negara ini yang akan kamu datangi.

Selain itu, kamu juga setidaknya harus tahu tentang harga tiket. Jangan sampai begitu sudah masuk list, harga tiketnya ada di luar budget liburanmu.

Jika terjadi hal seperti itu, kalian bisa langsung bungkus perjalanan dan Kembali ke Indonesia dong. Jangan ya, jadi pastikan kamu tahu berapa harga tiketnya, bagaimana cara berkunjungnya, hingga rute mana yang harus kamu tempuh dan berapa kisaran biaya keseluruhannya.

Agar lebih hemat, tidak ada salahnya kamu bikin jadwal dengan tempat-tempat berisi satu Kawasan. Misalnya di Turki, kamu akan berkunjung ke Istanbul saja agar lebih hemat. Jangan khawatir, disana ada banyak tempat menarik yang ada di satu tempat lho. Penasaran? Akan kami bahas rekomendasi tempat wisata di Turki dibawah ini.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Tempat Liburan Di Vietnam

Rekomendasi Tempat Wisata di Turki untuk Liburan

Turki memang dikenal dengan daya tarik wisatanya yang unik. Pasalnya, negara ini memiliki keindahan khas Benua Eropa, namun juga dianugerahi pesona eksotis Benua Asia. Tak heran, banyak turis yang bertandang ke negara ini dari berbagai penjuru dunia. Salah satunya tentu saja turis-turis dari Indonesia.

Salah satu negara di kawasan Eurasia ini tidak hanya memiliki wisata alam, tapi juga wisata sejarah. Selain itu, ada juga tempat wisata di Turki untuk berbelanja, wisata kuliner, dan wisata-wisata lainnya.

Nah, dijamin deh kamu tidak akan bingung ketika bikin rencana kemana saja sih jika berlibur ke Turki. Daripada penasaran, ini dia daftar 20 rekomendasi tempat wisata di Turki

The Blue Mosque

Tempat Wisata Di Turki

Tempat wisata di Turki yang pertama adalah The Blue Mosque. Turki sangat kental dengan budaya Kesultanan Islamnya. Salah satu yang sangat dikenal hingga menjadi bangunan ikonik bekas kejayaan Islam adalah The Blue Mosque.

Tidak heran, banyak wisatawan muslim yang menyempatkan waktu berkunjung ke masjid di Istanbul ini. Tentunya saat disana, kamu akan disuguhi pemandangan yang luar biasa.

Dikenal juga dengan nama Masjid Sultan Ahmed, Masjid ini dibuat dengan arsitektur megah. Di sisi bangunannya terdapat 6 buah menara yang menjulang dengan 8 kubah sekunder.
Di sisi atasnya, The Blue Mosque memiliki 5 kubah utama yang dihiasi ornamen khas Kekaisaran Turki.

Jika ingin masuk kesana, maka kamu tidak perlu ribet. Cukup ikuti tour travel yang kamu pesan dan masuk ke Kawasan masjid. Selain berdoa, kamu juga akan diizinkan jalan-jalan berkeliling arsitektur.

Dijamin, mengunjungi masjid ini akan membuatmu seraya kembali ke masa-masa kekhalifahan Islam.

Pamukkale

Tempat Wisata Di Turki

Bagi kamu yang ingin menikmati wisata alam khas Turki, Pamukkale adalah tempat yang sangat recommended. Pasalnya, tempat wisata di Turki ini merupakan sumber mata air panas yang memiliki warna air biru kehijauan.

Dikelilingi tebing dan lembah, Pamukkale menjadi kolam air hangat yang sangat nyaman untuk berendam. Tentunya, pemandangan ini semakin cantik karena dihiasi teras berundak dan tangga yang berkilauan.

Dalam bahasa Turki sendiri, Pamukkale berarti Cotton Palace. Artinya jika dalam bahasa Indonesia, tempat ini bermakna benteng kapas. Hal ini wajar mengingat bentuknya yang memang secara fisik seperti kapas.

Dengan bebatuan berwarna putih dan air berwarna biru, kamu akan dimanjakan dengan keindahannya. Alhasil, tidak hanya wisatawan dalam negeri saja yang datang ke kawasan ini.

Wisatawan-wisatawan dari berbagai belahan dunia lainnya pun juga bertandang ke Pamukkale. Dijamin deh, keindahan Turki paling eksotis bisa kamu lihat di tempat satu ini.

Cappadocia

Tempat Wisata Di Turki

Tempat wisata di Turki lainnya yang tidak kalah indah adalah Cappadocia. Berada di Anatolia Tengah, wisata ini termasuk tempat paling favorit di Turki. Bahkan, Cappadocia telah ditetapkan sebagai satu dari sekian banyak warisan dunia oleh UNESCO. Tepatnya, pada tahun 1985 dimana dataran tinggi ini semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Tidak heran, mengingat kamu bisa banget menjelajah alam Turki dengan mengendarai balon udara. Tak ayal, pemandangan luar biasa dengan hamparan bukit hijau dan bebatuan yang dipahat menjadi daya tarik tersendiri disana.
Sayangnya, balon terbang ini hanya bisa kamu saksikan dan naiki saat cuaca sedang baik. Ketika cuaca buruk, pihak pengelola tidak akan memberi izin kepada turis.

Itulah mengapa, tempat wisata di Turki ini menjadi hits baik di kalangan lokal atau turis. Hal ini menyebabkan terdapatnya antrian panjang para wisatawan. Jadi, tidak ada salahnya kamu memesan tiket masuk wisata ini dari jauh-jauh hari lamanya.

Hagia Sophia

Tempat Wisata Di Turki

Berkunjung ke Turki rasanya tidak lengkap jika tidak bertandang ke Hagia Sophia. Kawasan wisata religi ini tidak hanya menjadi tempat bersejarah untuk umat Islam saja.
Pasalnya, bangunan ini rupanya menyimpan cerita untuk bangsa Romawi dan juga Tentara Salib. Maka jangan heran jika disana kamu bisa melihat kaligrafi bersanding dengan gambar Yesus dan Dewa-Dewi Yunani.

Disebut juga sebagai Aya Sofya, bangunan cantik nan megah ini berdiri berhadapan dengan Blue Mosque. Posisinya pun juga cukup dekat dengan Istana Topkapi.

Jadi ketika datang kesana, kamu tidak perlu repot mencari tempat wisata di Turki karena ada banyak di sekitarnya. Tidak hanya menikmati desain interior saja, disana kamu juga bisa berkeliling belajar sejarah.

Rupanya, Hagia Sophia dulu adalah sebuah bekas basilica. Kemudian, bangunan ini beralih fungsi menjadi masjid. Sekarang, tempat yang mengadopsi interior Yunani, Katolik, Kristen, dan juga Islam ini menjadi museum yang terkenal. Dijamin, kamu yang penyuka sejarah akan sangat senang berwisata disana.

Topkapi Palace

Menjadi tempat kediaman resmi Kesultanan Turki selama ratusan tahun tentu saja membuat bangunan Topkapi Palace sangat istimewa. Apalagi dulunya bangunan ini adalah tempat tinggal tidak hanya Raja saja. Melainkan, juga Permaisuri, Selir, hingga para kerabat dan pejabat kerajaan. Lalu, seperti apa keindahannya?

Dibangun sejak tahun 1459, Istana yang menjadi bukti kekuasaan Turki Utsmaniyah ini ditetapkan menjadi warisan budaya UNESCO di tahun 1985. Maka tidak heran, Topkapi Palace sampai sekarang masih terjaga keindahannya. Jadi ketika kamu berkeliling disana, pasti kamu akan terpesona.

Lantaran Dinasti Utsmaniyah pernah menguasai Eropa selama ratusan tahun lamanya, maka arsitektur dari Istana ini bercampur. Di satu sisi, Topkapi Palace memperlihatkan keindahan gaya bangunan Islami. Namun di sisi lain, kemegahan bangunan ala Eropa juga terlihat dari arsitektur istana ini.

Basilica Cistern

Jangan salah, Turki tidak melulu soal Kejayaan Islam lho. Kamu yang seorang Nasrani dan ingin berwisata religi disana juga bisa banget. Singkat kata, Turki adalah gudangnya ilmu dan sejarah dunia. Jika Islam dikenal dengan Kekaisaran Ottomannya, maka umat Kristen dapat mengenang kejayaannya di Basilica Cistern.

Baca Juga:  Segini Loh Biaya Liburan Ke Jepang Yang Harus Disiapkan

Tempat wisata di Turki ini tidak boleh dilewatkan kala liburan di Istanbul. Berada di zaman Kekaisaran Byzantine, Basilica Cistern dibangun untuk penampung air istana.
Tidak heran, nama lain dari bangunan ini adalah Yerebatan Sarnici atau Istana Tenggelam. Pasalnya, tempat ini merupakan waduk bawah tanah yang dibuat dengan lapisan marmer.

Kamu yang ingin cari tempat instagrammable sangat cocok bertandang kesini. Pasalnya, disana kamu bisa berfoto di sepanjang tiang-tiang tinggi yang ada disana. Bahkan tidak umat Nasrani saja, banyak wisatawan muslim yang juga menghargai tempat ini dan mengunjunginya.

Spice Bazaar

Berada di Distrik Fatih, Spice Bazaar sangat terkenal di kalangan wisatawan yang hobi belanja. Pasalnya, tempat wisata di Turki ini emang surganya para shopaholic banget lho guys.
Selain menjual berbagai barang, Spice Bazaar juga menjual banyak kebutuhan dapur. Sebut saja, bumbu, kopi, teh, hingga makanan-makanan lainnya.

Diberi nama lain berupa Misir Carsisi, pusat belanja ini menjadi yang terbesar di Turki. Kalau di Indonesia, mungkin sama dengan kompleks belanja Tanah Abang.

Jadi, barang-barang disana sangat lengkap. Sebut aja deh, kamu mau belanja perhiasan, kain, barang kelontong, atau barang-barang unik lainnya pun pasti ada disana.

Tutup pukul 7 malam, Spice Bazaar mengundangmu untuk berkunjung. Bahkan saat bulan puasa pun, pasar ini tetap beroperasi. Bukannya tampak sepi, Spice Bazaar juga semakin padat pengunjung. Ngeri banget bukan untuk kamu yang hobi shopping?

Dolmabahce Palace

Selain Topkapi Palace, Turki rupanya juga memiliki istana-istana terkenal lainnya. Salah satu yang paling favorit dikunjungi adalah Dolmabahce Palace. Tempat wisata di Turki ini dulunya merupakan pusat kegiatan administrasi dari Ottoman Empire. Waktu penggunaannya berkisar antara 1856 hingga 1887.

Berada di Distrik Besiktas Istanbul, Dolmabahce Palace rupanya ada di sekitar Pantai Bosphorus. Dibuka pukul 9 pagi, kamu bisa berlibur disana hingga pukul 4 setiap harinya.
Tidak hanya berkeliling istana, kamu juga bisa bertandang ke pantainya. Silahkan berjemur atau hanya menikmati pemandangan indah pantai dan berfoto disana.

Menjadi salah satu istana terbesar di Turki memang bukan main keindahannya. Dibangun di tanah seluas 45.000 meter persegi menjadikan Dolmabahce Palace seolah tak ‘tersentuh’.

Rasanya, kamu seperti memasuki dunia asing kala berkeliling disana. Apalagi ditambah arsitekturnya yang tiada lawan, sebut saja kolam, patung, dan dekorasi galeri, furniture, serta lain sebagainya.

Selat Bosporus

Untuk kamu yang rindu berlibur ke laut atau melihat anekaragam kehidupan bawahnya, maka datang ke Selat Bosporus adalah pilihan tepat. Selat ini pada dasarnya memang memisahkan Turki antara Asia dan Eropa. Namun, menyusurinya ternyata bukan keputusan yang salah. Ada banyak keindahan yang bisa kamu saksikan sejauh 30 KM panjangnya.

Ketika kamu berbicara mengenai Benua Eropa, mungkin yang terpikir adalah arsitektur megahnya. Di Borporus, kamu bisa menemukannya seperti berbentuk Benteng.
Sebaliknya, di Benua Asia mungkin kamu membayangkan arsitektur dengan ornamen unik. Nah, disini kamu pun juga bisa menyaksikannya dalam bangunan peninggalan Kekaisaran Ottoman.

Tidak hanya sekedar berjalan dan berfoto di beberapa spot, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain. Di Selat yang menghubungkan Laut Hitam dan Laut Marmara ini kamu bisa naik Yacht.

Selain itu, kamu juga bisa wisata kuliner di sepanjang resto, café, atau tempat makan yang ada tersebar di sekitarnya. Dijamin deh, Selat Borborus menjadi tempat wisata di Turki terlengkap saat kamu bertandang ke Turki.

Suleymaniye Mosque

Tempat wisata di Turki selanjutnya dikenal dengan nama Masjid Raya Sulaimaniah, kamu yang seorang muslim wajib banget pergi kesana. Rasakan sensasi beribadah di salah satu masjid terbesar dan termegah di Istanbul. Apalagi, disana kamu bisa melihat kejayaan kaum muslim dari gabungan arsitektur khas Byzantium dengan Islam.

Tentunya, hal ini sangat menarik mengingat dulunya terjadi sejarah panjang antara Byzantium hingga Ottoman. Bukti ini bisa kamu saksikan lewat indahnya karya kaligrafi disana. Bersamaan dengan itu, kamu akan melihat bagaimana gaya era Byzantium di dinding-dindingnya.

Dibangun oleh Sultan Sulaiman Al-Qanuni di tahun 1550, tentunya Suleymaniye Mosque ini lebih spesial lagi karena lokasinya. Selain ada di pusat kota, Masjid cantik ini ada tepat di belakang Universitas Istanbul.
Jadi, kamu bisa banget bertandang ke keduanya. Tidak ada yang salah bukan dalam merencanakan liburan?

Sultanahmet Square

Berwisata tanpa belanja memang bagai makan sayur tanpa garam. Rasanya hambar dan seperti ada yang kurang. Nah, itu sebabnya ini ada rekomendasi tempat wisata di Turki selanjutnya ada di wisata belanja. Selain murah, lokasi wisata ini dikenal lengkap dan murah.

Dikenal dengan nama Sultanahmet Square, tempat wisata di Turki ini ada di Istanbul. Selain menjadi tempat belanja, Kawasan ini juga menjadi tempat berkumpulnya para anak muda Turki.
Pasalnya, disana terdapat taman yang mana cocok dipakai untuk bersantai sambil piknik dengan orang tercinta. Dijamin, sore hari yang kamu habiskan disana sangat worth it dan berkesan.

Selain lokasi ini, kamu juga bisa mendapati Blue Mosque dan Hagia Sophia di sekitarnya. Hal ini wajar mengingat dulunya lokasi ini adalah titik Kekaisaran Byzantium. Maka tidak heran, area yang asyik banget buat foto ini juga kerap disebut Hipodrom Konstantinopel. Buka selama 24 jam, kamu bisa bertandang kapan saja pada tempat berarsitektur campuran Romawi dan Utsmaniyah ini.

Temple of Artemis

Siapa bilang di Turki tidak ada yang Namanya kuil? Malah, di tempat yang kental dengan budaya Asia dan Eropa ini, terdapat beberapa kuil. Salah satu yang terkenal dan kerap dikunjungi wisatawan adalah Temple of Artemis. Dari Namanya aja sudah cantik, bukan?

Dalam mitologi Yunani, Artemis disucikan karena merupakan seorang Dewi alam. Selain itu, ia merupakan keturunan dari Zeus dan Letto. Saudari Apollo ini juga merupakan ibu dari alam liar, hewan liar, dan bukit-bukit di daratan.

Maka tidak heran, dibangunkan sebuah kuil untuk mengagungkan nama dari Dewi satu ini. Terletak di wilayah Selcuk, kuil Yunani ini juga disebut sebagai Temple of Diana.
Kuil yang hanya tersisa reruntuhannya saja ini dulunya sangat megah dan indah. Kamu bisa melihat sisa-sisa desain Artemesium di bangunannya. Tidak ada wisatawan yang tidak takjub setelah bertandang ke tempat wisata di Turki satu ini lho.

Baca Juga:  Tempat Wisata Di India yang Memukau Untuk Dikunjungi

Mount Ararat

Tempat wisata di Turki selanjutnya adalah sebuah gunung yang boleh dibilang sebagai wisata alam paling recommended disini. Pasalnya, gunung ini menurut kisah-kisah zaman dahulu merupakan tempat berlabuhnya bahtera Noah.


Terletak 16 km dari Iran, banyak wisatawan yang datang untuk melihat seperti apa sih tempat yang menjadi pijakan Nabi Nuh pertama kali setelah air bah. Pastinya, kamu dijamin mendadak religious deh kalau berwisata disana.

Memiliki puncak tertinggi di seantero Turki, Gunung Ararat ternyata sudah menjadi warisan dunia oleh UNESCO. Tepatnya, gunung ini diakui pada tahun 2004 akhir. Dengan ketinggian sekitar 5137 m, kamu akan dibawa hiking oleh tour guide yang sudah kamu sewa. Tentu saja, pemandangan alam disana luar biasa indahnya.

Selain hamparan hijau pegunungan, kamu juga bisa melihat landscape Turki dari gunung berapi ini. Tempat wisata di Turki ini juga fotogenic banget untuk kamu yang hobi berfoto. Apalagi ditambah latar belakangnya adalah puncak tertutup salju. Dijamin, perjalananmu ke gunung yang disucikan di Turki ini tidak akan sia-sia deh.

Konyaalti Beach

Tempat wisata di Turki yang satu ini datang dari sebuah pantai yang sangat terkenal di Turki. Pantai cantik ini berada di wilayah Antalya, Turki. Distrik yang Namanya berarti Teluk di Bawah Tebing ini memang sangat spesial.
Pasalnya, tidak hanya keindahan alamnya saja yang berbicara. Disana, kamu juga bisa melihat banyak penginapan berupa hotel yang berjejer untuk kamu pilih.

Menginap di sekitar Pantai Konyaalti juga tidak mahal. Apalagi dengan pemandangan yang kamu dapatkan. Hamparan laut berwarna hijau kebiruan, pantai berpasir putih, dan cuaca cerah. Belum lagi perbukitan hijau yang ada di sisi-sisinya.

Bayangkan bangun pagi di kamar yang pemandangannya adalah Konyaalti Beach. Maka tidak heran, ada banyak wisatawan yang menghabiskan harinya untuk bersantai dan menikmati pemandangan saja. Apalagi kala sunset datang. Rasanya, kamu mungkin tidak akan pergi dari sana.

Miniaturk

Kamu ingin melihat dunia dalam satu tempat? Tenang, kamu bisa melihatsemuanya di Tempat wisata di Turki satu ini. Di salah satu museum di Istanbul, kamu bisa menyaksikan banyak monument ikonik dari berbagai negara dibuat disana. Tentunya, ini hanya replika dan berupa miniatur saja.

Kamu ingin berfoto dengan latar belakang Taj Mahal? Tidak usah ke India, Miniaturk menyediakan miniaturnya disana. Tidak hanya itu saja, kamu juga bisa melihat Menara Pizza hingga Gedung Putih.
Dengan luas sekitar 60.000 meter persegi, dijamin butuh seharian untuk kamu berkeliling lokasi wisata satu ini.

Tentunya, sebagai salah satu taman dan museum terbesar di dunia, Miniaturk wajib banget untuk didatangi. Biasanya sebelum pandemic, hampir 5 juta orang berkunjung tiap tahunnya di tempat ini. Padahal, jam tutupnya adalah sekitar jam 6 sore. Jadi, kamu yang ingin puas berkeliling bisa datang lebih pagi dan menghabiskan hari disana.

Chora Museum

Dulunya, tempat wisata di Turki ini berupa gereja bekas era Byzantium. Setelahnya, gereja berubah menjadi masjid di zaman Khalifah Utsmaniyah. Baru kemudian, tempat ini menjadi museum yang dapat dikunjungi wisatawan. Berada di Distrik Fatih, kamu bisa berjalan ke tempat ini dari tempat-tempat legendaris lainnya seperti Hagia Sophia.

Dulunya, tempat ini dibuka tahun 1958. Keindahan Chora Museum ada pada gaya arsitekturnya yang mengusung Romawi Timur. Sudah pasti, kamu yang pecinta seni dan sejarah akan sangat senang datang ke tempat ini.

Tidak hanya di bagian dindingnya, seni lukis bisa kamu lihat di bagian atapnya. Gayanya pun seperti kubah-kubah pada gereja. Dengan perpaduan dua budaya ini, sudah pasti Chora Museum menjadi tempat yang sangat worth it untuk dikunjungi.

Mount Nemrut

Tempat wisata di Turki selanjutnya ada Gunung Nemrut yang wajib banget untuk kamu datangi. Memiliki tinggi sekitar 2134 m, gunung ini konon merupakan persemayaman para Dewa dan Dewi yang terpenggal. Tidak heran, tempat wisata di Turki yang buka 24 jam ini masuk dalam warisan dunia oleh UNESCO. Datang ke Mount Nemrut, kamu cukup menempuh jarak 40 km dari utara Kahta.

Kecantikan dari gunung ini memang sudah lama tersembunyi disana. Di puncaknya Mesopotamia, terdapat makam Raja Antiokhus I. Gunung ini juga merupakan jejeran pegunungan dari Taurus yang ada di Lembah Euphrates.
Maka tak ayal, di bagiannya terdapat patung-patung para Dewa yang bersemayam disana.

Jika kamu hanya ingin menyaksikan keindahan alam, juga tidak salah kalau datang ke gunung ini. Pasalnya, kamu bisa menyaksikan landscape tercantik kota Turki dari sana. Lokasinya yang tinggi juga membuat gunung ini menjadi incaran para pendaki. Tidak jarang, kamu akan menemui wisatawan dan peziarah dari para penganut Dewa-Dewi Yunani di gunung ini.

Butterfly Valley

Tempat wisata di Turki yang tersembunyi selanjutnya ada di Lembah Butterfly. Berada di Distrik Fethiye, lembah yang ada di Pantai Mediterania ini wajib banget untuk kamu datangi. Nama Butterfly Valley sendiri mengacu kepada fungsi dari wisata ini. Dikatakan, lembah ini memang menjadi hunian dari beragam spesies kupu-kupu yang ada disana.

Lantaran tempatnya yang jauh dari pusat kota, kamu hanya bisa datang kesana dengan perahu. Selain itu, kamu harus sabar menunggu di perjalanan karena jaraknya yang 500 km dari Istanbul. Namun tentunya tidak akan membosankan.
Sebab, pemandangan yang akan kamu lihat adalah birunya lautan dan tebing-tebing hijau yang ada di sepanjang perjalanan.

Boleh dibilang, Butterfly Valley ini adalah permata tersembunyinya Turki. Belum banyak wisatawan yang datang ke tempat ini. Pasalnya memang butuh dana yang besar dan juga effort tinggi untuk kamu bisa sampai kesana. Tapi dijamin, tidak ada yang mengecewakan begitu kamu menjejakkan kaki di lembah satu ini.

Your Name

Seorang penulis dan editor

Tags

Related Post